Tips Menggoreng Agar Minyak Tidak Meletup

agar minyak tidak meletup
agar minyak tidak meletup

Menggoreng dengan minyak yang panas agak sedikit seram. Terutama karena minyak sering meletup. Namun, ada tips agar minyak tidak meletup ketika menggoreng. Yuk, Bunda kita lihat juga tips memasak lainnya ya.

Cara Menggoreng Agar Minyak Tidak Meletup

Menggoreng yang membuat minyak meletup di antaranya menggoreng ikan, ayam, pempek, ataupun makanan lain yang sebelumnya harus diberi bumbu sehingga sedikit basah. Agar minyak tidak meletup ketika menggoreng lakukan hal ini:
  • Keringkan dahulu sehabis direbus. Cara ini untuk gorengan seperti Pempek. Caranya dengan menaruh Pempek di atas saringan hingga airnya turun dan mengering. Goreng ketika pempek sudah dalam kondisi kering. Juga gorengan lain seperti Tempe dan Tahu yang diberi bumbu. Biarkan hingga bumbu sedikit mengering.
  • Lap dengan tissue atau paper towel. Untuk daging yang sedikit basah bisa dikeringkan dengan memakai tissue makanan.
  • Jangan langsung menggoreng ketika baru dikeluarkan dari lemari es. Jika kita baru mengeluarkan risoles mentah yang disimpan di dalam freezer, jangan langsung menggorengnya ketika kondisi masih basah.
  • Pastikan wajan yang digunakan kering. Wajan yang hendak dipakai untuk menggoreng minyak harus kering dari air. Jika masih basah dan langsung dituang minyak, maka ketika wajan panas minyak akan meletup-letup.
  • Masukkan satu sendok terigu ke dalam minyak yang akan dipakai untuk menggoreng. Memang cara ini akan membuat minyak sedikit butek, namun percayalah, minyak tidak akan meletup-letup kuat.  Cara ini patut dicoba!
Nah Bunda, selamat mencoba ya Bunda!

Comments

Popular Posts