Awasi Kadar Gula Darah Dengan Diet Ini

diet untuk diabetes

Penderita diabetes tipe 2 sebenarnya bisa mengendalikan kadar gula darah dengan menjaga pola makan atau diet. Sebelum kadar gula darah kita semakin memburuk kita bisa menerapkan diet berikut.

Diet Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes jumlahnya semakin banyak belakangan ini. Terutama orang Asia mengingat makanan pokok utama orang Asia adalah nasi. Nah, diet berikut dapat membantu mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2:
  • Kurangi karbohidrat perbanyak serat. Ketika remaja kita cenderung makan nasi dalam jumlah banyak namun sedikit serat. Ketika menjelang usia 30 sebaiknya porsinya ditukar. Karbohidrat menjadi sedikit, sedangkan porsi sayuran atau serat menjadi banyak.
  • Hindari minuman bersoda dan manis. Tanpa kita sadari minuman bersoda atau carbonated drink menggunakan banyak gula. Biasanya minum tanpa warna alias air putih.
  • Hindari gluten. Gluten atau tepung beserta olahannya adalah sumber kegemukan atau penambah berat badan. Hindari roti, mie maupun kue yang berbahan tepung. Sekali dua kali makan tetap diperbolehkan asalkan dengan jumlah yang dibatasi. Misalnya ingin makan donat maka pilihkan donat yang terkecil tanpa salut gula, coklat ataupun pemanis lainnya. Pilihkan donat yang polos tanpa hiasan pemanis gula.
  • Hindari saus pada makanan. Saus pada makanan mengandung gula dan garam. Saus ini antara lain kecap manis, saus tomat maupun saus lainnya seperti saus tiram. Jika ingin memakannya sebaiknya kurangi jumlahnya.
  • Pilih pasta dengan bahan gandum. Kita tetap dapat menyantap pasta. Namun, pilihlah pasta gandum. Juga dengan roti tawar gandum. Roti tawar gandum lebih baik daripada roti tawar putih.
  • Pilih buah dengan kadar gula yang rendah. Pisang, Mangga, Anggur dan Pear termasuk buah-buahan Asia yang mudah dijumpai. Sayangnya, buah tersebut termasuk sebagai buah dengan kadar gula yang tinggi.
  • Olah raga seminggu minimal 4 kali. Jalan kaki adalah yang terbaik. Bahkan jika memungkinkan, usahakan setiap hari sehabis makan siang, jalan kaki walau hanya 10 menit.  Berjalan kaki setelah makan disinyalir dapat membantu mengurangi kenaikan kadar gula dalam darah.
Nah, sebaiknya kita menjalankan pola hidup sehat sejak dini. Namun, jangan sampai kita tidak menikmati hidup ya, makan boleh bebas namun tetap dengan batasan tertentu. 


Posted by Tentangkeluarga101
Photo credit : Pixabay

Comments

Popular Posts