Gampang Capek? Coba Periksa Zat Besi

gampang capek

Jika sering merasa gampang capek, lemah, letih dan lesu ada baiknya periksa zat besi. Biasanya yang mengalami kondisi ini adalah wanita. Tidak hanya gampang capek namun juga keleyengan serasa mau pingsan.

Sering Merasa Mudah Capek

Biasanya yang menderita gejala seperti mudah lelah dan berkunang-kunang adalah kaum wanita. Hal ini dikarenakan wanita mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun, ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui:
  • Pemeriksaan zat besi berbeda dengan pemeriksaan darah merah. Pemeriksaan zat besi adalah Ferritine bukan kadar haemoglobine. 
  • Kadar normal zat besi berkisar antara 11 hingga 307 micrograms per liter. Sedangkan pria berkisar antara 24 hingga 336.
  • Kekurangan zat besi dapat di atasi dengan suplement zat besi atau iron pil/pil zat besi.
  • biasanya yang menderita hal ini adalah mereka yang jarang mengkonsumsi protein dan daging merah.
  • Orang Asia lebih rentan kekurangan zat besi karena lebih mengutamakan karbohidrat/nasi dan pola makan asal kenyang tanpa melihat gizi dan protein.

Mudah Lelah Dan Berkunang-kunang

Mereka yang kekurangan zat besi dapat dikategorikan kurang protein atau gizi kurang baik, pola makan tidak seimbang. Untuk memenuhi kebutuhan energi pola makan harus seimbang antara serat, karbohidrat dan protein. 

Namun perlu diingat bahwa setelah mengkonsumsi pil iron atau zat besi, kita harus melakukan pengecekan kembali setelah 3 hingga 6 bulan. Jangan sampai kelebihan zat besi dan menumpuk di dalam tubuh.

Posted By Tentang Keluarga101
Photo Credit : Pixabay

Comments

Popular Posts